5 Hal di Rumah yang Bisa Dimaksimalkan Jadi Cuan Saat Pandemi

https://lh5.googleusercontent.com/B6v7Qw63qA7J-Ayhcda5TxXEqqJxCXxrGE7sgEPPtr-05BRZcgJ3TtkfMVRoJOw96uWShd_aW0IoaPraXk7CIeTXBBUI9n5rPn0Mq2L1dcDt9eyslAIkgzxuPXz99EjANBNEtcDw

Di tengah pandemi yang bikin lesu ekonomi, memang dibutuhkan niat, rencana, dan kreativitas yang lebih untuk tetap bisa buat dapur tetap ngebul dan pundi-pundi tetap mengalir. Salah satunya dengan cara menjalankan bisnis sampingan kecil-kecilan meski harus korbankan tabungan atau bahkan ajukan pinjaman online cepat cair bayar bulanan sebagai modal. Kalau bisa memutar uang dan menghasilkan, kenapa nggak dicoba?

Pinjam uang ke fintech pinjaman online cepat cair bayar bulanan kayak Kredivo adalah salah satu jalan pintas mendapatkan modal usaha untuk dimaksimalkan jadi cuan tanpa perlu ribet. Apalagi bunganya terbilang rendah dibanding fintech lain, hanya 2,6% per bulan dengan pilihan tenor 1/3/6 bulan. Plus proses approvalnya juga cepat, hanya 1 x 24 jam. Namun, pinjam uang meski untuk kebutuhan produktif tidak bisa dilakukan buru-buru karena perlu disesuaikan dengan kapasitas finansial.

Kalau mau dapat cuan lebih, sebenarnya kamu bisa memulainya dari hal-hal terdekat yang ada di rumah lebih dulu. Mengingat saat pandemi, kita semua pastinya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Daripada bosan, lebih baik asah kreativitas yang bisa berujung cuan! Contohnya dengan memanfaatkan 5 barang atau tempat di rumah seperti berikut ini: 

Blender, mesin kopi, dan kulkas

Blender, mesin kopi, dan kulkas adalah tiga barang yang bisa jadi satu-kesatuan dan dimaksimalkan untuk meracik resep minuman. Mulai dari minuman sehat seperti jus dan smoothies, sampai racikan kopi susu kekinian yang dibuat 1 liter. Seperti yang kita tahu, jenis minuman ini adalah yang paling banyak dijual terutama sejak pandemi. Kalau kamu termasuk penikmat jenis minuman tersebut dan punya barang-barang ini di rumah, nggak ada salahnya untuk coba berkreasi resep minuman favoritmu. Kalau berhasil dan rasanya enak, bisa coba dipasarkan ke orang atau teman terdekat deh. 

Oven kompor atau listrik

Punya oven kompor atau oven listrik di rumah yang lebih sering nganggur? Daripada sayang-sayang, lebih baik digunakan untuk eksperimen resep kue, cookies, dan aneka makanan yang dipanggang lainnya, lho. Misalnya, membuat brownies, kue bolu, atau soft cookies yang populer dan banyak digemari orang saat ini. Selain bisa berbuah jadi bisnis sampingan, bereksperimen resep dengan oven kompor atau listrik juga dapat menjadi sarana refreshing sekaligus menghilangkan rasa suntuk dan jenuh selama di rumah aja. Daripada rebahan terus dan mata lelah karena keseringan lihat layar HP dan laptop, kan?

Pakaian dan buku bekas

Kalau biasanya kita selalu sibuk di luar rumah, saat karantina kita semua jadi punya lebih banyak waktu untuk di rumah. Ini bisa menjadi momen kita untuk beres-beres segala hal yang ada di rumah agar lebih nyaman. Salah satunya dengan mengumpulkan semua barang bekas yang sudah tak terpakai untuk dibuang, didonasikan, atau dijual jika memang masih layak dan bernilai. Contohnya adalah pakaian dan buku-buku bekas. Dua barang ini biasanya menjadi barang yang paling banyak ada di rumah dan membutuhkan tempat lebih. Saat ini, buat jual barang bekas layak pakai juga jauh lebih mudah. Yang paling cepat bisa dipasarkan sendiri lewat WhatsApp atau Instagram Story atau buat akun di e-commerce dan aplikasi komunitas jual-beli barang bekas. 

Laptop dan HP untuk bisnis sampingan online

Yang lebih dekat lagi dan bahkan mungkin kita gunakan setiap hari untuk kerja ataupun senggang adalah HP dan laptop. Mulai dari blogging, jadi reseller atau dropshipper produk, sampai isi banyak survey berbayar bisa dilakukan sebagai bisnis sampingan online lewat HP ataupun laptop di era internet dan digital seperti sekarang! 

Garasi rumah untuk tempat jualan

Punya garasi di rumah atau mungkin teras yang cukup luas? Selain bisa dimaksimalkan sebagai tempat jualan untuk produk kreasimu sendiri atau pun garage sale untuk barang-barang bekas, kamu juga bisa lho menyewakan garasi atau teras di rumah sebagai tempat jualan untuk orang lain yang tertarik. Apalagi jika rumahmu posisinya cukup strategis dan ramai. Lumayan kan bisa buat tambahan tabungan? Tapi, jangan lupa untuk tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan ya. Salah satu caranya dengan menaruh sarana untuk cuci tangan di depan rumah dan mengimbau konsumen untuk tetap menggunakan masker dan jaga jarak. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *