Categories
Kesehatan

Definisi, Penyebab dan Cara Mengobati Dispnea

Salah satu jenis penyakit yang sering ditemukan adalah sesak napas. Sesak napas ini memiliki istilah medisnya, yakni Dispnea. Dispnea ini merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat tidak terpenuhinya pasokan oksigen ke paru-paru sehingga menyebabkan pernapasan menjadi, dangkal, pendek, dan cepat. Perlu diketahui, idealnya remaja serta orang dewasa sehat akan bernapas sekitar 12-30 kali per menit. Namun, pada penderita dispnea, maka pola dan frekuensi pernapasan menjadi berubah dan tidak teratur. 

Penyebab Dispnea

  • Keracunan Karbon Monoksida

Penyebab dispnea yang pertama adalah keracunan karbon monoksida. Kondisi ini terjadi saat seseorang menghirup gas karbon monoksida dalam jumlah berlebihan. Perlu diketahui, gas karbon monoksida ini memiliki sifat mudah terikat pada sel darah merah serta hemoglobin sehingga akan terbawa mengalir bersama darah ke seluruh tubuh yang menyebabkan kerusakan pada sel dan jaringan. Adapun gejala saat keracunan gas ini adalah nyeri dada, sesak napas, pusing, dan mual.

  • Tekanan Darah Rendah/Hipotensi

Penyebab dispnea selanjutnya adalah hipotensi. Karena hipotensi ini akan mengakibatkan kurangnya pasokan darah berisi oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh. Nah, pasokan darah yang kurang ini bisa menyebabkan dispnea. Bukan hanya itu, saat mengalami hipotensi, penderita juga akan merasa lemas, pusing, bahkan sampai pingsan. 

  • Asma

Penyebab dispnea yang lainnya adalah asma. Dimana, saat asma kambuh maka akan mengakibatkan saluran napas membengkak dan memproduksi lendir secara berlebihan sehingga dapat mengganggu aliran udara. Alhasil, penderita asma ini akan kesulitan untuk bernapas, batuk, mengi, disertai nyeri saat sedang bernapas.

Cara Mengobati Dipsnea

  • Bernapas Lewat Mulut

Cara ini dipercaya mampu membantu penderita untuk mendapatkan lebih banyak oksigen sehingga alur pernapasan akan melambat dan penderita bisa bernapas dengan lebih efektif. Bukan hanya itu, dengan cara ini juga bisa membantu penderita untuk melepaskan udara yang terperangkap di paru-paru. 

  • Berdiri Menyandar Ke Dinding

Cara ini juga dapat meredakan dispnea. Caranya adalah, berdirilah dengan menyandarkan bokong dan pinggul ke dinding. Lalu posisikan kaki anda supaya terbuka selebar bahu dan tangan berda di samping paha. Kemudian condongkan tubuh anda sedikit ke depan, dan lakukan cara ini dengan rileks. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *