Beberapa Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

main image

Buah kurma memang tidak bisa tumbuh di Indonesia, tapi anda bisa menikmati buah dari Timur Tengah ini karena memang banyak orang yang menjualnya di tanah air, terutama di saat bulan Ramadhan. Selain rasanya yang manis dengan tekstur legit, kurma ini juga memiliki banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaat kurma untuk kesehatan :

  1. Kurma Melancarkan Menstruasi

Seperti yang sudah diketahui bahwa pada wanita dewasa yang normal biasanya akan mengalami menstruasi 12-13 kali dalam satu tahun. Namun kadang ada juga wanita yang mengalami masa haidnya tidak nomal alias tidak teratur. Sehingga menyebabkan wanita tersebut jarang mendapatkan haid atau sebaliknya. Kondisi tersebut sangat berbeda-beda pada wanita, namun aturan siklus haid yang paling normal adalah 26-28 hari

Nah, untuk memperlancar menstruasi anda bisa coba mengonsumsi kurma. Buah kurma dapat dikomsumsi dengan susu yang bisa mengatasi masalah menstruasi tidak lancar, zat besi dan nutrisi lain pada kurma dapat menjadikannya salah satu makanan terbaik untuk menyembuhkan menstruasi yang tidak teratur.

  • Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Kalori

Manfaat kurma selanjutnya adalah dapat mencukupi kebutuhan gizi dan kalori anda sehari-hari. Kadar kalori yang terkandung pada kurma sangatlah tinggi dibandingkan buah lain, hal ini disebabkan kurma seringkali dikeringkan. Selain itu, kurma juga mengandung vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Menstabilkan Gula Darah dan Pengganti Gula Yang Lebih Sehat

Selain rasanya yang legit dan manis, kurma ini kaya akan nutrisi, serat dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya itu, dengan rasanya yang manis juga membuat kurma ini bisa menjadi pengganti gula putih.

Bahkan, buah kurma ini juga diklaim mampu memperbaiki kesehatan tulang serta membantu mengatur gula darah.

  • Menu Tambahan Untuk Diet

Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah kurma ini juga bisa menjadi menu tambahan dalam diet. Anda bisa mengonsumsi kurma ini secara langsung atau dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya seperti smoothies, kacang almond, oatmeal, keju hingga ke dalam adonan biskuit. Tetapi ingat! Karena kadar kalorinya cukup tinggi jadi jangan menambahkan terlalu banyak.

  • Mengganti Elektrolit Yang Hilang

Bukan hanya air kelapa saja, ternyata buah kurma juga bisa mengganti elektrolit yang hilang. Selain itu, kurma juga sangat bermanfaat untuk menguatkan tubuh sekaligus membangun otot dalam tubuh.

  • Mencegah Peradangan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa buah kurma ini berfungsi sebagai antioksidan. Hal ini berkat adanya kandungan polifenol yang ada pada kurma. Sehingga buah kurma ini bisa membuat tubuh anda terlindungi dari berbagai macam jenis radang.

  • Mencegah Penyakit Kronis

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan pada kurma ini adalah dapat mencegah penyakit kronis. Berkat adanya kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga kurma ini sangat bermanfaat untuk mencegah dari berbagai macam penyakit kronis, seperti diabetes, hingga Alzheimer.

  • Membantu Melancarkan Proses Persalinan Normal

Ternyata buah kurma ini juga bisa membantu untuk melancarkan proses persalinan normal. Oleh karena itu, bagi ibu hamil sebaiknya sering mengonsumsi kurma terutama beberapa minggu sebelum proses persalinan.

Dengan mengonsumsi buah kurma ini akan membuat leher rahim semakin melebar, sehingga induksi tidak perlu dilakukan lagi. Bahkan, dengan mengonsumsi kurma setiap hari sebelum melahirkan diklaim bisa mengurangi waktu persalinan.

Selain beberapa manfaat di atas, buah kurma juga diklaim mampu meningkatkan kesuburan dan mencegah anemia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post