Kredifazz vs PinjamanGo, Mana Bunga Paling Rendah?

Suka tidak suka, kini kredit online cicilan bulanan sudah menjadi andalan masyarakat saat membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan. Kebutuhan yang dimaksud tentu saja amat beragam. Mulai dari kebutuhan produktif, sampai dengan kebutuhan konsumtif. Mulai dari kebutuhan modal usaha, sampai untuk belanja.

Untungnya beberapa fintech secara umum tidak membatasi penggunaannya. Meskipun ada juga fintech yang hanya fokus untuk memberikan pendanaan pada sektor tertentu saja, seperti pendanaan biaya pendidikan, pembayaran invoice usaha, dan lain sebagainya.

Dua diantara ratusan fintech yang memberikan pinjaman dengan proses cepat cukup KTP saja misalnya seperti Kredifazz dan PinjamanGo. Nah, lalu bagaimana sih perbandingan keduanya? Yuk, simak sampai akhir ya supaya tahu dengan lengkap informasinya. 

Perbandingan bunga dan biaya admin

Buat yang masih pemula soal pinjam meminjam sebenarnya ada standar yang bisa digunakan untuk melihat apakah pinjaman online itu bunganya ketinggian atau sudah memenuhi standar. Nah, kita gunakan standar yang ditetapkan oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia yang mematok bunga pinjaman online maksimal di angka 0.8% per hari.

Bunga Kredifazz cukup terjangkau jika dibandingkan dengan patokan standar bunga AFPI. Bunga Kredifazz hanya 0.3% saja per hari. Jika dibulatkan menjadi 30 hari, maka bunganya kira-kira 9% per bulan.

Untuk bunga PinjamanGo mengikuti batas atas yang ditetapkan oleh AFPI sebesar 0.8% per hari. Jadi sudah mentok sesuai dengan standar dari AFPI. Nah, jika mau dibandingkan dengan Kredifazz, tentu saja masih lebih tinggi PinjamanGO. 

Perbandingan limit dan tenor

Untuk limit yang diberikan Kredifazz, maksimal Rp3 juta dengan tenor antara 3 bulan atau 6 bulan. Sementara untuk limit PinjamanGo hingga Rp1,2 juta dengan tenor pinaman sampai dengan 14 hari. Keduanya sama-sama menawarkan pencairan dana maksimal dalam 1 hari atau 24 jam. Jika dana tidak cair dalam 24 jam, artinya proses pengajuan kamu belum disetujui.

Sebagai simulasi, untuk pinjaman Kredifazz  selama 3 bulan, total pinjaman yang harus dikembalikan adalah Rp1.270.000. Sementara untuk simulasi pengembalian pinjaman sebesar Rp1.200.000 di pinjamanGo selama 14 hari, total yang harus dikembalikan Rp134.400 + Rp1.200.000 = Rp1.334.400. Bunga pinjamanGo 14 hari masih lebih tinggi dibandingkan bunga Kredifazz selama 1 bulan.

Perbandingan syarat dan fiturnya 

Syarat Kredifazz cukup sederhana dan tidak ribet. Memiliki KTP, berusia antara 18 sampai dengan 60 tahun, serta punya penghasilan minimal Rp3 juta per bulan. Syarat tersebut sudah bisa menjadi modal untuk mengajukan pinjaman di Kredifazz. Aplikasinya sendiri bisa diunduh secara langsung lewat Google Play Store.

Sementara syarat untuk mengajukan pinjaman lewat PinjamanGo, punya KTP, punya rekening bank lokal, berusia antara 18-55 tahun, punya nomor ponsel tetap, pendapatan tetap yang dibuktikan dengan slip gaji 2 bulan terakhir serta ID karyawan. 

Secara keseluruhan, Kredifazz memberikan kemudahan untuk mengajukan pinjaman dengan syarat yang lebih ringkas dan mudah. Selain itu, limit dan tenor yang diberikan cukup panjang. Tak kalah penting adalah bunga cicilannya lebih rendah dibandingkan dengan PinjamanGo. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post